Thailand Keluarkan Peringatan Banjir Akibat Topan Doksuri

Bangkok – Departemen Meteorologi Thailand pada Sabtu (16/9) mengeluarkan peringatan untuk warga Thailand bahwa Topan Tropis Doksuri sudah mendekati Provinsi Nan di bagian utara negeri itu.

Topan tersebut diperkirakan membawa hujan di sebagian besar wilayahnya dan angin kencang di bagian utara dan timur-laut negeri itu.

Dengan angin berkecepatan maksimum 55 kilometer per jam, topan tersebut diperkirakan mulai turun jadi sistem tekanan rendah.

Daerah di bagian utara dan timur-laut negeri itu sudah diporak-porandakan oleh Topan Doksuri; banyak rumah, instalasi umum serta lahan pertanian rusak, lapor Xinhua.

Topan tersebut membawa hujan lebat di sepanjang jalurnya, dan mengakibatkan banjir, air sungai meluap, tanah longsor, lumpur longsor di dua provinsi.

Di dua provinsi utara, pohon tercabut dari akarnya, tiang listrik tumbang dan dulu lintas dilaporkan mengular. Beberapa permukiman terendam air banjir. Jalan penting di dua provinsi sudah terendam air setinggi sesuatu sampai beberapa meter.

Pemerintah sudah memperingatkan rakyat agar siap menghadapi cuaca sangat buruk dan kemungkinan banjir bandang.

Thailand sudah diporak-porandakan topan dan banjir dalam beberapa bulakangan. Pada Agustus, banjir bandang akibat topan dan hujan lebat mempengaruhi lebih dari 30 provinsi dan merenggut 23 nyawa.
(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin