Trump Buka Pintu Negosiasi Untuk Korea Utara

Jakarta – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pesan lebih rekonsiliatif kepada Korea Utara dalam rapat bisnis di Tokyo selama lawatannya ke Asia yg mulai didominasi oleh persoalan krisis nuklir Korea Utara.

Trump sempat mengawali lawatan maratonnya ke Asia dengan bahasa lebih keras saat kemarin menyatakan bahwa tak ada seorang pun diktator yg boleh menyepelekan AS. Pernyataan ini disebut-sebut ditujukan kepada pemimpin muda usia Kim Jong-Un.

Namun kemudian dia mengubah intonansinya dengan menyatakan mulai membuka pintu kepada Pyongyang guna bertemu dengan Kim.

“Saya mulai duduk bersama dengan siapa pun. Saya tidak menganggap ini kuat atau lemah, aku kira duduk bersama dengan yg yang lain itu tidaklah buruk,” kata dia dalam wawancara dengan program televisi AS “Full Measure”.

“Oleh karena itu aku pasti mulai terbuka buat melakukan hal itu tapi kita mulai menunggu ke mana arahnya. Saya kira kami terlalu dini.”

Trump datang di Asia di bawah tingginya ketegangan dengan Korea Utara setelah bomber AS terbang di atas Semenanjung Korea yg memicu timbulnya kekhawatiran bahwa Korea Utara mulai terdorong bagi menggelar uji mencoba nuklir atau peluru kendalinya, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin