Xi Jinping Janji Bangun China Jadi “negara Sosialis Modern”

Beijing – Presiden China, Xi Jinping, membuka Kongres Partai Komunis, Rabu, dengan janji membangun “negara sosialis modern”, yg tak mulai pernah mencontoh sistem politik orang yang lain serta tetap terbuka bagi dunia.

Pidato Xi itu mengawali kongres dua kali dalam satu dasawarsa tersebut, sebagian besar tertutup sepanjang minggu, yg mulai berujung pada pemilihan Komite Tetap Penentu Kebijakan baru bagi memerintah 1,4 miliar orang China selama lima tahun ke depan.

Dia memutuskan pandangannya itu ketika menyambut lebih dari 2.000 utusan di Balai Agung Rakyat Beijing, termasuk mantan presiden China, Jiang Zemin, yg berusia 91 tahun.

“Dengan kerja keras panjang, sosialisme dengan watak China memasuki masa baru. Itu arah sejarah baru dalam pembangunan negara kita,” kata Xi, dalam pidato disiarkan segera ke semua negara tersebut oleh televisi pemerintah.

China mulai melonggarkan akses pasar buat investasi asing dan memperluas akses ke sektor jasanya, serta memperdalam reformasi pasar yg berorientasi pasar terhadap nilai tukar dan sistem keuangannya, sementara pada ketika yg sama memperkuat perusahaan negara, kata Xi.

Menurut Xi, sistem politik China adalah cara yg paling luas, paling asli, dan paling efektif bagi melindungi kepentingan fundamental masyarakat. “Kita tak seharusnya secara mekanik menjiplak sistem politik negara lain,” demikian Xi.

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin