Asupan Air Mineral Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Jakarta – Ibu hamil dan menyusui sangat membutuhkan asupan air mineral yg banyak. Penasaran, berapa jumlah yg harus dipenuhi?

Menurut ketua IHWG, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), MPH, sebuah studi dikerjakan kepada Ibu hamil di tiga kota besar, merupakan Jakarta, Surabaya, dan yogyakarta. Ternyata, para Ibu hamil membutuhkan dua gelas lebih banyak dalam sehari dari porsi orang biasa.

“Sekitar 2,5 liter air mineral dibutuhkan Ibu hamil. Ini ternyata berkaitan dengan produksi air ketuban,” papar Budi ketika ditemui gedung IMERI FK UI, Jakarta, Rabu, (07/11/2018).

Masih menurutnya, produksi air ketuban mulai melimpah dari urin yg dikeluarkan bayi dalam kandungan. Urin tersebut keluar seandainya bayi dalam kandungan mendapatkan nutrisi dan mineral yg cukup dari Ibu.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

“Air ketuban yg cukup mulai mempengaruhi kondisi kesehatan bayi di dalam kandungan,” tambahnya.

Selanjutnya, berbeda dengan kebutuhan air mineral pada Ibu menyusui. Keadaan ini ternyata membuat Ibu lebih banyak membutuhkan air mineral buat memproduksi Air Susu Ibu (ASI).

“Menurut hasil studi, Ibu menyusui ternyata membutuhkan 2,7 – 2,8 liter sehari. Ini agar produksi ASI lebih banyak,” ujarnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin