Ayah Harus Berperan Dalam Pertumbuhan Anak

Jakarta – Peran seorang ayah sangat utama dan berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Karena itu, dalam mengurus anak, ibu dan ayah memiliki peran yg sama.

Menurut ahli psikolog, Anna Surti, peran kedua orangtua sangat saling mengisi. Meski memiliki peran yg sama, porsi keduanya sangat berbeda.

“Perbedaannya adalah biasanya ibu lebih ke arah mengasuh anak, memberi makan, mengganti pakaian, menyiapkan anak pergi ke sekolah. Kalau ayah lebih kepada bermain dan situasi ceria. Misalnya jalan ke taman, bermain dan berlari. Kemudian mencari bola ke semak – semak. Ini sangat berisiko, dan ayah sangat dibutuhkan,” Anna Surti ketika ditemui di acara lotte choco pie kampanyekan #PremiumMomentstogether, Jakarta, Kamis, (12/04/2018).

Walaupun saling melengkapi, masih menurut Anna, ada penelitian menjelaskan bahwa ada beberapa kondisi seorang anak saat mengalami ketika yg sangat sedih, emosi, hal ini yg jauh dibutuhkan adalah ibunya.

“Karena pada dasarnya pendampingan ibu lebih halus dan lebih lembut kepada anak,” tambahnya.

Kemudian, buat membuat lebih dekat dengan anak, ada beberapa
kebersamaan dengan anak yg mampu Anda lakukan. Hal ini tak terus dalam bentuk ngobrol.

“Ada ibu yg pendiem juga. Ada yg bingung ngobrol sama anak. Ini yg dirasakan adalah ekspresinya. Bisa melibatkan anak mampu dengan masakan,” ujarnya.

Selanjutnya, Anda dapat minta bantuan anak buat ikut membuat kue. Ada seorang ibu yg menyatakan cintanya lewat masakan dan kue.

“Ini sangat menyenangkan. Karena ini mulai membuat kedekatan dengan anak dengan cara bermain dalam membuat makanan dan kue. Misalnya, anak dapat menolong menaruh tepung, mengambil gula, dan lainnya,” katanya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin