Beban Berat Jika Anak Terkena Campak Dan Rubella

Jakarta – Campak dan Rubella adalah dua penyakit yg dapat sangat membahayakan jiwa anak. Karena itu, seandainya terkena dan menular, mulai tidak mengurangi beban berat anggaran kesehatan.

Campak adalah penyakit yg disebabkan oleh virus dan sangat gampang menular karena ditularkan melalui batuk dan bersin. Gejala penyakit campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk atau pilek atau mampu berujung pneumonia, diare, meningitis dan bahkan menyebabkan kematian.

“Campak adalah salah satu penyakit yg mematikan,” kata Aman B. Pulungan dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Kamis, (23/08/2018).

Masih menurutnya, begitu pun dengan masalah penyakit Rubella. Jika seorang anak terkena Rubella, dan menularkan kepada Ibu hamil, ini mulai mengganggu kesehatan janin yg dikandung.

Infeksi Rubella pada Ibu hamil mampu menyebabkan keguguran atau kecatatan permanen pada bayi yg dilahirkan. Ini dapat berupa ketulian, gangguan penglihatan bahkan kebutaan, hingga kelainan jantung.

“Untuk satu anak dapat menghabiskan Rp.300 – Rp.400 jutaan buat perawatannya. seteruhnya kami enggak tahu. Lalu, siapa yg mau nanggung. Kalau dilihat secara umum, ini sangat darurat,” tegasnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin