Berjalan Baik Untuk Cegah Gagal Jantung

New Delhi – Dengan bertambahnya usia, tubuh cenderung menjadi lebih rapuh dan berolahraga pada alat olah raga berat itu tak layak buat orang dewasa yg lebih tua.

Mengutip dari zeenews, Selasa (06/03/2018), risiko gagal jantung, keadaan dimana jantung menjadi terlalu lemah buat memompa cukup darah bagi memenuhi kebutuhan tubuh, juga meningkat seiring bertambahnya usia.

Namun, sebuah penelitian menemukan alternatif pengobatan yg efektif buat wanita yg lebih tua yg sulit masuk ke gym, dan jalan cepat. Ini juga mulai mencegah risiko terkena gagal jantung.

Berjalan, sebagai bentuk olahraga, dianggap sebagai salah satu latihan terbaik dan direkomendasikan oleh para ahli dan dokter di semua dunia.

Makalah yg dipresentasikan di American Scientific of 67th Annual Scientific Session mencatat bahwa wanita pasca menopause yg berjalan selama 40 menit atau lebih pada suatu waktu memiliki risiko gagal jantung sebesar 21 sampai 25 persen lebih rendah daripada mereka yg berjalan lebih pendek.

Wanita yg berjalan dengan kecepatan rata-rata atau cepat memamerkan risiko kegagalan jantung sebesar 26 dan 38 persen lebih rendah, dibandingkan dengan wanita yg berjalan dengan kecepatan biasa.

“Kita telah tahu bahwa aktivitas fisik menurunkan risiko gagal jantung, tetapi mungkin ada kesalahpahaman bahwa cuma berjalan tak cukup,” kata Somwail Rasla, mahasiswa kardiologi di Saint Vincent Hospital di Massachusetts.

“Analisis kita memperlihatkan bahwa berjalan tak cuma yaitu bentuk olahraga yg gampang diakses namun hampir sama dengan segala macam latihan yg sudah dipelajari sebelumnya dalam hal menurunkan risiko gagal jantung” tambah Rasla.

Studi tersebut meneliti manfaat berjalan dengan mengurai efek frekuensi berjalan, durasi dan kecepatan pada 89.000 wanita selama periode lebih dari 10 tahun, antara 50 sampai 79 tahun.

Periset juga menilai pengeluaran energi keseluruhan wanita dari berjalan dengan menggabungkan ketiga variabel ini ke dalam perhitungan yg dikenal sebagai Metabolic Equivalent of Task (MET).(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin