Bermain, Wadah Belajar Anak Mengerti Dunianya

Jakarta – Bermain adalah cara yg baik bagi anak usia dini dalam belajar tentang dunianya.

Menurut Nadya Pramesrani, M.Psi, Psi Psikolog Keluarga yg juga Co-Founder Rumah Dandelion, dengan bermain, anak belajar bagi mengembangkan berbagai jenis kemampuan yg mulai bermanfaat bagi menjalani dunia akademisnya. Hal tersebut yg mulai menjadi loncatan buat anak meraih masa depan.

“Kemampuan tersebut seperti kemampuan motorik kasar, motorik halus, personal dan sosial, serta kognitif,” ujar Nadya Pramesrani, M.Psi, Psi Psikolog Keluarga yg juga Co-Founder Rumah Dandelion, ketika ditemui di acara Kodomo Challege, Jakarta, Sabtu, (05/05/2018).

Jika bicara cara bermain yg baik buat anak, adalah dengan melakukan stimulasi buat tumbuh kembangnya. Ini segala dapat diraih dengan cara memberikan permainan yg benar sesuai dengan usianya.

“Melalui permainan mengajarkan anak kemampuan sosial. Awalnya mungkin anak belum dapat berinteraksi kepada orang lain. Melalui bermain anak mampu meniru orang yang lain dan berkomunimasi. Satu hal kunci dari hal itu adalah anak bisa yakin diri,” tambahnya.

Dengan begitu, lanjut Nadya, anak mampu dengan cepat dilepas ketika memasuki masa sekolah formal. Sehingga anak dapat mandiri dan lepas dari orangtua.

“Orangtua dengan aman dapar meninggalkan anak di sekolah karena anak telah akan memiliki rasa kepercayaan diri,” ungkapnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin