Bulu Kucing Tak Sebabkan Toksoplasma

Jakarta – Anggapan bulu kucing menyebabkan toksoplasma adalah salah besar. Hal ini menjadi mitos yg kerap dipahami banyak orang.

Menurut drh. Ayu Setiawati Veterinarian Jakpetz Vet Clinic, anggapan tersebut salah besar. Bulu kucing tak bisa menyebabkan toksoplasma. Karena, yg menyebabkan toksoplasma adalah berasal dari kotoran kucing.

“Kalau tokso itu lebih spesifik pada kucing penularannya lewat kotorannya. Bukan karena bersentuhan dengan kucing ya, tetapi melalu kotorannya,” kata Ayu ketika ditemui di Jakarta, Sabtu, (17/11/2018).


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Masih menurutnya, toksoplasma menyebar melalui udara. Ketika bibit penyakit tersebut terbang dan menempel pada makanan ini yg sangat berbahaya.

“Memang sering – tidak jarang nempel di rumput dan dimakan sapi. Sapinya kena tokso, dan daging sapi kalian makan, tetapi tak matang. Itu yg bikin terkena tokso. Ya, karena buat tokso memang tak segampang itu. Karena orang – orang kebanyakan berpikir, itu gara-gara kucing nih jadi terkena tokso. padahal tak seperti itu. Lebih karena konsumsi makanan yg mentah dan tak bersih,” tambahnya.

Toksoplasma adalah penyakit yg disebabkan parasit Toxoplasma gondii.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin