Cara Atasi Batuk Dengan Mudah

Jakarta – Banyak cara bagi mensiasati para jamaah yg mengalami keadaan batuk saat setelah pulang beribadah Haji.

Sebagian besar jamaah masih mengalami batuk sampai ketika di tanah air. Kondisi ini mulai diperberat karena para jamaah juga biasanya tak dapat beristirahat dengan baik sesampainya di tanah air.

Sanak keluarga mulai menyambangi para jamaah haji tersebut bagi mendengar berbagai cerita dan tentu sering kala hal ini mulai memperburuk batuk yg terjadi.

Menurut Dr.Ari F Syam, Akademisi dan Praktisi Kesehatan, Rabu, (12/09/2018), ada beberapa hal yg bisa dikerjakan bagi mengatasi batuk tersebut sebagai berikut.

1. Usahakan istirahat yg cukup, banyak minum air putih terutama air hangat, menghindari makanan yg berminyak, terlalu manis dan dingin.

Jika gangguan batuk berlanjut, sebaiknya berobat ke dokter. Apalagi kalau batuk telah lebih dari 2 pekan setelah diobati sebaiknya perlu pemeriksaan Foto thoraks (foto dada) bagi menilai keadaan paru.

“Nanti dokter mulai menilai apakah batuk yg dialami ketika ini disebabkan oleh infeksi atau cuma alergi atau karena asam lambung berlebih. Pengobatan yg diberikan tentu disesuaikan dengan penyebab dari keadaan batuk tersebut,” kata Ari.

2. Jika batuk karena infeksi perlu antibiotika, seandainya karena ada unsur alergi perlu obat anti alergi, seandainya batuk karena sakit kronis (seperti bronchitis,sinusitis,asma bronkiale) yg kambuh maka penyakit dasarnya harus diobati dan seandainya karena asam lambung yg berlebih perlu obat-obat penekan asam lambung.

3. Walaupun sepertinya sederhana batuk yg tetap terbawa sampai di tanah air ini harus dievaluasi seandainya berlanjut.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin