Cara Cerdas Gunakan Obat

Jakarta – Obat adalah salah satu cara yg diberikan oleh dokter ketika pasien sakit. Ini agar penyakit yg diderita pasien hilang dan sembuh.

Menurut Indri Mulyani Bunyamin, S.Farm, Apt, Ketua HISFARKESMAS PP IAI, Cara Cerdas Gunakan Obat (DAGUSIBU), menjelaskan jangan yang berasal memakai obat. Pada dasarnya, obat dapat digunakan yang berasal tepat guna dan disiplin dalam pemakaian.

“Misalnya, harusnya dimakan bersama ketika makan. Ini harus dipatuhi. Biasanya ini berkaitan dengan pencernaan. Terutama bagi penyakit diabetes yaiti acarbose,” papar Indri Mulyani Bunyamin, ketika ditemui di acara Be Smart and Fun With Pharmacists, Jakarta, Sabtu, (29/09/2018).

Kemudian, baca aturan pakai sebelum memakai obat. Selanjutnya, gunakan obat sesuai aturan pakai. Mulai dari dosis, misalnya gunakan sendok takar yg tersedia. Selanjutnya, bagi rentang waktu,misalnya antibiotik digunakan tiga kali dalam sehari.

“Artinya diminum setiap delapan jam,” tambahnya.

Lama penggunaan obat dapat dilihat juga. Misalnya, antibiotik digunakam selama 3-5 hari.

Obat bebas dan obat terbatas tak digunakan secara selalu menerus. Jika sakit berlanjut langsung hubungi dokter. Hentikan penggunaan obat apabila timbul efek yg tak diinginkan.

Jika terjadi hal tersebut, langsung ke fasilitas kesehatan. Tidak memakai obat orang yang lain meskipun gejala sakitnya sama.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin