Cara Ibu Hamil Hindari Stres Dan Raih Ketenangan

Jakarta – Ketenangan pada ibu hamil sangat efektif bagi perkembangan janin di dalam kandungan. Tentunya, ketenangan tersebut bermula dari dukungan orang – orang terdekat.

Menurut dokter spesialis kandungan MRCCC Siloam Hospital Semanggi, dr. Ardiansjah Dara Syahruddin SpOG, orang yg sedang hamil dan berada dalam keluarga yg bahagia mulai menjadikan anak yg baik. Ini sangat berpengaruh pada psikologis sang ibu.

“Ada ibu yg mengalami postpartum syndrome ini mungkin karena kecemasan dalam diri sendiri, perubahan pigmen. Kalau perlu bapaknya juga mampu baca (informasi tentang ibu hamil), jadi tidak mengurangi wawasan,” papar dokter spesialis kandungan MRCCC Siloam Hospital Semanggi, dr. Ardiansjah Dara Syahruddin SpOG ketika ditemui di acara Teman Bumil, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Karena itu, perhatian sangat utama diberikan oleh para ibu hamil. Mulai dari hal – hal yg kecil. Misalnya, menemani ibu hamil cek ke dokter kandungan, menemani belanja, dan memenuhi kebutuhan asupan gizinya.

Sekitar 99 persen ibu mengakui bahwa dukungan ketika hamil sangat utama dan dapat memudahkan proses kehamilan. Hanya 47 persen yg mendapatkan dukungan setiap hari ketika hamil. Hampir dua persen tak mendapatkan dukungan sama sekali dari orang sekitar.

Menurut Psikolog Ajeng Raviando Psi, penelitian memperlihatkan bahwa memiliki teman bisa menimbulkan rasa saling memiliki dan meningkatkan rasa aman dan nyaman.

“Ini bisa menjadi penopang psikologis dan mengurangi tekanan emosional yg dialami ibu hamil,” ujar Ajeng Raviando.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin