Cara Mengatasi Anak Sembelit

Jakarta – Mengalami sembelit adalah suatu hal yg tak membuat nyaman. Apalagi hal ini terjadi pada anak Anda. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Mengutip dari akun instagram @ibupedia_id, Rabu, (29/08/2018), ada banyak cara buat mengatasi persoalan sembelit. Hal ini dapat menjadi solusi dari para orangtua yg sedang mengahadapi persoalan tentang sembelit pada anak. Berikut adalah caranya.

1. Pijat perut bayi

Ukur selebar tiga jari di bawah pusarnya, dan lakukan tekanan dengan lembut dengan ujung jari Ibu. Tekan hingga jari Ibu menyentuh bagian dalam perutnya. Lakukan tekanan yg konstan dan lembut selama sekitar 3 menit.

2. Aktif bergerak

Jika anak telah merangkak, stimulasi anak agar dia lebih tidak jarang merangkak. Jika belum, Ibu mampu memposisikan anak berbaring terlentang. Lalu, pegang dan gerakkan kakinya seperti gerakan mengayuh kakinya seperti gerakan mengayuh sepeda.

3. Susu Formula

Jika anak minum susu formula, berikan dia air putih yg lebih banyak. Pastikan takaran sufor telah sesuai dengan instruksi. Kalau takaran sufor lebih banyak dari airnya, itu dapat membuat anak sembelit.

4. Menu MPASI

Untuk anak yg baru akan MPASI, berikan air yg cukup dan makanan berserat, seperti pear, brokoli, plum, apel, dan lainnya.

5. Hubungi Dokter

Kalau menu MPASI telah diganti dan anak telah minum banyak cairan tetapi sembeli tak kunjung usai, maka langsung hubungi dokter anak. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin