Cegah Penyakit Jantung Dengan Cerdik Dan Patuh

Jakarta – Mencegah penyakit jantung mampu dengan beragam cara. Salah satu yg paling dianjurkan adalah dengan menerapakan gaya hidup sehat merupakan cerdik dan patuh.

Menurut dr. Bambang Dwi Putra, SpJP, dari Rumah Sakit Harapan Kita, mengaplikasikan gaya hidup sehat adalah kunci dari menjaga tubuh agar tak cepat terserang penyakit.

“Karena itu, kami membuat semboyan cerdik dan patuh. Bagaimana mengaplikasikan gaya hidup sehat di masyarakat. Ini harus diperhatikan,” kata Bambang, Jakarta, Jumat, (28/09/2018).

Lantas apa itu Cerdik dan Patuh? Penasaran apa kepanjangannya dan kegunaannya buat diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari? Berikut adalah rinciannya.

CERDIK

1. Cek kesehatan secara berkala

“Memasuki usia 40 tahun infestasi yg sangat berharga adalah kesehatan,” ujar Bambang.

2. Enyahkan asap rokok

“Ini adalah PR (Pekerjaan Rumah) kami bersama. Ini sesuai dengan fakta yg dimiliki kita. Bahwa ternyata banyak pasien penyakit jantung yg disebabkan karena merokok,” tambahnya

3. Rajin aktivitas fisik

“Tanyakan diri kami sendiri. Seberapa tidak jarang beraktivitas. Banyak orang yg bekerja jauh. Sejak pagi telah gas motor dari Bekasi ke Jakarta Barat. Pulang telah habis Magrib tetapi itu paling cepat. Ini terjadi bertahun – tahun. Sampai rumah telah lelah dan tidur. Setidaknya lakukan aktivitas fisik selama 30 menit sekali setiap hari;” kata Bambang.

4. Diet sehat dan seimbang

Ini tergantung dari apa yg sehari – hari dimakan.

5. Istirahat cukup dan kelola stres.

PATUH

1. Periksa keseharan secara rutin
2. Atasi penyakit dengan pengobatan rutin
3. Tetap beraktivitas fisik
4. Upayakan diet sehat dan gizi seimbang
5. Hindari asap rokok, minuman beralkohil dan zat karsinogenik lainnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin