Colostrum Sangat Penting Untuk Anak

Jakarta – Pertumbuhan anak dan daya tahan tubuh serta proteksi saluran cerna sangat berkaitan dengan colostrum yg menjadi asupan bayi sejak lahir.

Menurut Dr.dr. Naomi ESTHERNITA F Dewanto, Sp.A(K), spesialis kesehatan anak dari Siloam Hospital Kebon Jeruk menjelaskan, colostrum adalah transisi dari intrauterine ke extraunterine nutrisi. Ini menjadi komponen penting dalam mendukung pertumbuhan anak.

“Colostrum itu memiliki tiga faktor, akan dari faktor nutrisi, faktor imun, dan faktor pertumbuhan. Nutrisi terdiri dari energy, protein, vitamins, minerals, carbohydrates, dan fat,” papar Naomi ketika ditemui di SHKJ, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Karena itu, colostrum begitu berharga buat pertumbuhan anak, terlebih ketika beberapa hari anak lahir. “Makanya, banyak orang yg sangat sayang seandainya colostrumnya terbuang. Karena setetes colostrum adalah sebuah sumber kehidupan,” tambahnya.

Manfaat lainnya yg didapat dari colustrum sangat banyak. Karena itu, pada dasarnya, seorang ibu terus dapat menyusui buah hatinya. Jika terjadi anak tak ingin meminum Air Susu Ibu (ASI), hal ini pasti ada sebabnya.

“Kemungkinan terjadi peletakan cara menyusui yg tak benar dan posisi yg tak nyaman. Ini sangat berpengaruh untuk anak,” paparnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin