Edukasi Ayo Minum Air Penting Bagi Masyarakat

Jakarta – Masyarakat Indonesia masih perlu diberikan edukasi pentingnya konsumsi air mineral yg tepat dan cukup.

Menurut ketua IHWG, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), MPH, kesadaran masyarakat di Indonesia terhadap pentingnya minum air masih sangat dipengaruhi oleh letak geografis dan status sosioekonomi, dan juga tersedianya akses air minum yg aman.

Untuk mendorong perilaku masyarakat dalam memenuhi hidrasi sehat tersebut, IHWG beserta dengan PT. Tirta lnvestama (Danone-AQUA) dan Kementerian Kesehatan mengembangkan bebagai program bagi meningkatkan kesadaran mulai hidrasi sehat yg mampu menolong perubahan perilaku hidup yg lebih sehat seperti penelitian, advokasi dan edukasi kepada masyarakat dengan program Ayo Minum Air (AMIR).

“Melalui program AMIR, kita berupaya bagi membiasakan perilaku minum air yg sehat kepada para siswa dan siswi di sekolah dasar dengan menyediakan gelas dan air ketika makan siang di sekolah, selain itu kebiasaan perilaku siswa mulai berubah bila di rumah pun juga menerapkan yg sama, sehingga utama kerjasama guru dan orangtuanya,” ujar Budi ketika ditemui di acara The 2″Indonesian Hydration 8: Health Conference (IHZC) didukung oleh PT. Tirta lnvestama(Danone AQUA), Jakarta, Rabu, (07/11/2018).


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kemudian, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko; SpOG (K), MPH menegaskan kembali bahwa dibutuhkan kolaborasi berbagai pihak buat meningkatkan kesadaran masyarakat dan perubahan perilaku dalam pemenuhan hidrasi sehat.

“Pemerintah, akademisi, komunitas, dan sektor swasta perlu selalu berkolaborasi secara berkelanjutan bagi mengedukasi masyarakat dan mendorong kebiasaan mereka minum air guna meningkatkan taraf kesehatan di Indonesia terutama yg terkait kognisi anak dimana dengan hidrasi yg baik mulai menolong meningkatkan konsentrasi belajar di sekolah,” tambahnya.

Karena itu, pentingnya intervensi pada anak sejak awal buat berperilaku yg benar tentang hidrasi sangat dibutuhkan, agar di masa mendatang mereka mulai selalu melakukan kebiasaan baik ini, buat mengurangi risiko dampak negatif yg timbul akibat kurangnya pemenuhan hidrasi yg sehat.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin