Empat Cara Mudah Cegah Diabetes

Jakarta – Kata diabetes sudah menjadi begitu umum dalam kosa kata kami hari ini, karena ini adalah salah satu penyakit yg paling umum terjadi pada manusia.

Mengutip dari boldsky, Senin (12/02/2028), saat kalian memikirkannya, kebanyakan dari kami mulai mengenal seseorang yg dekat dengan kami yg mungkin menderita diabetes. Faktanya, survei sudah memamerkan bahwa jumlah orang yg menderita diabetes sudah meningkat dari 108 juta di tahun 1980 menjadi sekitar 422 juta pada tahun 2014.

Jadi, Anda cuma dapat membayangkan betapa buruknya tahun ini dan di tahun-tahun mendatang. Seperti yg mungkin telah kami ketahui, diabetes adalah kelainan metabolik dimana tubuh gagal menghasilkan insulin yg cukup atau menolaknya, sehingga meningkatkan kadar gula darah ke tingkat abnormal.

Bila tingkat gula darah terlalu tinggi, dapat menyebabkan sejumlah gejala diabetes seperti kelelahan, tidak jarang buang air kecil, menurunkan imunitas, penyembuhan luka yg lambat, dll. Bagian yg tak menguntungkan tentang diabetes adalah bahwa hal itu tak mampu disembuhkan, namun gejalanya mampu diobati dan tetap terkendali.

Berikut adalah beberapa cara yg terbukti bagi tak pernah terkena diabetes, kecuali seandainya Anda memiliki riwayat keluarga bagi penyakit ini.

1. Jaga berat badan

Sejumlah penelitian sudah membuktikan bahwa menjaga BMI yg sehat (Body Mass Index) adalah salah satu cara terbaik buat mencegah dan mengobati sejumlah penyakit, termasuk diabetes. Untuk memiliki BMI yg sehat, seseorang harus memastikan bahwa mereka kehilangan atau tidak mengurangi berat badan sesuai dengan itu, dengan membuat perubahan gaya hidup yg sehat. Memiliki BMI normal mampu mengurangi risiko diabetes.

Memiliki BMI normal bisa mengurangi risiko diabetes hingga 70 persen.

2. Konsumsi salad

Pastikan Anda mengonsumsi semangkuk salad dengan berbagai jenis sayuran dan sayuran hijau seperti wortel, mentimun, selada, tomat, bawang merah, bawang putih, dll. Setidaknya sekali sehari, sebelum makan siang atau makan malam. Anda juga mampu menambahkan satu sendok makan cuka ke salad ini.

Mengkonsumsi salad dengan cuka bisa menolong darah menyerap lebih sedikit gula dari makanan yg Anda miliki nanti, sehingga menjaga keseimbangan kadar gula darah Anda, dan bisa menurunkan risiko diabetes.

3. Olahraga

Seperti yg telah kalian ketahui, berolahraga sangat utama buat tetap bugar, dan sehat buat jangka waktu yg lebih lama. Ketika tiba bagi mencegah diabetes, berjalan adalah salah satu latihan terbaik, yg dapat menolong Anda.

Dengan mengadaptasi rutinitas buat berjalan cepat setidaknya selama 40 menit setiap hari, sejak usia muda, tingkat metabolisme Anda mampu tetap cukup sehat buat menjaga kadar insulin dalam tubuh Anda seimbang, buat mengurangi risiko diabetes.

4. Diet sehat

Pastikan diet Anda terdiri dari biji-bijian seperti oatmeal, barley, beras merah, millets, dll, terutama bagi sarapan pagi. Biji-bijian utuh kaya mulai sejumlah nutrisi, termasuk serat. Kandungan serat dalam biji-bijian bisa menolong mengurangi kadar gula darah secara alami, sehingga mencegah diabetes nantinya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin