Epilepsi Bisa Menyerang Segala Usia

Jakarta – Epilepsi adalah salah satu satu penyakit neurologi menahun yg mampu terjadi pada seluruh orang tanpa batasan usia.

Tidak ada yg dapat menentukan, apakah epilepsi bisa terjadi pada orangtua atau usia muda. Padahal, ternyata, epilepsi biza diderita dari semua usia, tua maupun muda. Jenis kelamin pun dapat perempuan dan laki – laki mengalami hal ini.

“Kemudian Ras, dan status sosial ekonomi. Epilepsi dapat menyerang juga di semua lapisan masyarakat,” kata Irawati Himawari dokter spesialis saraf di Rumah Sakit Bunda, ketika ditemui di acara #savingliveswithbunda, Jakarta, Jumat, (30/11/2018).

Masih menurutnya, epilepsi tak terus berbentuk kejang. Seperti apa?

“Banyak bentuk yang lain yg bukan kejang. Jadi apa yg terjadi? Pada pasien epilepsi itu di dalam otak terdapat miliaran saraf. Epilepsi terjadi karena adanya lonjakan listrik yg abnormal di otak,” tambahnya.

Lonjakan tersebut timbul dan berbentuk kejang, perubahan tingkah laku, dan perubahan yg tak disadari. Kemudian ada juga perubahan di dalam tubuh.

“Misalnya ada pasien saya, mengalami halusinasi dan juga ada yg merasa sakit di uluh hati. Dicari penyebabnya ternyata tak ada setelah endoskopi dan sebagainya. Tetapi ternyata itu epilepsi,” paparnya.

Selain itu, ada juga bentuk yang lain dari timbulnya epilepsi. Misalnya, saat kesemutan di bagian tubuh dan kemudian hilang. Ini perlu diperhatikan.

“Kalau ternyata di satu bagian tubuh dan hilang merupakan kesemutan dan kemudian hilang. Sering kali pasien epilepsi itu salah diagnosis. Kadang mendapat diagnosis menjadi gangguan stroke dan gangguan jiwa. Padahal mengalami epilepsi,” paparnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin