Fakta Menarik Tentang Air Mineral Untuk Kesehatan

Jakarta – Air sangat utama di dalam tubuh. Lantas berapa banyak jumlah yg dibutuhkan?

Mengutip dari boldsky, Kamis (08/02/2018), dokter menyarankan buat minum setidaknya 8-9 gelas air putih per hari. Minum air memiliki kekuatan yg cukup bagi menghilangkan kepenatan dan depresi dari tubuh Anda.

Air mineral memiliki banyak fungsi penting di tubuh, termasuk membawa nutrisi utama dari makanan yg Anda makan, mengatur suhu tubuh, membuang produk limbah, memecah dan mengangkut nutrisi, dan melumasi persendian.

Air juga diperlukan bagi melakukan fungsi tubuh lainnya serta menjaga keseimbangan pH, metabolisme, pernapasan, mencegah sembelit, memastikan fungsi ginjal yg tepat, dan pengencangan kulit.

Air juga memainkan peran kunci dalam berfungsinya sistem saraf, sistem peredaran darah, sistem pernapasan dan sistem ekskretoris.

Berikut adalah fakta kesehatan yg menarik tentang air.

1. Memaksimalkan Kinerja Fisik

Selama olahraga intens, dan cuaca panas tubuh manusia cenderung mengalami dehidrasi. Ini menghabiskan setengah dari air tubuh dan menyebabkan kelelahan, mengubah kontrol suhu tubuh, dan mengurangi motivasi.

Air minum mengurangi stres oksidatif yg terjadi selama latihan intensitas tinggi. Banyak penelitian yg sudah dicatat memperlihatkan bahwa dehidrasi ringan mampu mengurangi banyak aspek fungsi otak.

Kurangnya air bisa mengganggu mood dan konsentrasi dan meningkatkan frekuensi sakit kepala, yg menyebabkan kekurangan ingatan dan kinerja otak.

2. Air buat Fungsi Otak

Banyak penelitian yg sudah dicatat memamerkan bahwa dehidrasi ringan bisa mengurangi banyak aspek fungsi otak. Kurangnya air bisa mengganggu mood dan konsentrasi dan meningkatkan frekuensi sakit kepala, yg menyebabkan kekurangan ingatan dan kinerja otak.

3. Air Bisa Mengobati Migrain

Dehidrasi bisa mengaktifkan sakit kepala migrain dan menyebabkan rasa sakit yg hebat. Minum air putih mampu menolong meringankan sakit kepala dan pusing. Alih-alih meraih pil-pil itu setiap kali Anda menderita sakit kepala, minumlah segelas air bagi mengurangi sakit kepala.

4. Air Mencegah Kerusakan

Minum alkohol terlalu banyak menyebabkan mabuk, yg membuat tubuh Anda merasa tak enak. Alkohol dehidrasi tubuh Anda lebih cepat dan membuat Anda kehilangan lebih banyak air karena bersifat diuretik.

Minum cukup air antara minuman atau setelah minum mulai mengurangi gejala mabuk.

5. Membantu menurunkan berat badan

Tahukah Anda bahwa minum banyak air dapat membuat Anda menurunkan berat badan lebih cepat? Ya, ini adalah fakta bahwa air bisa meningkatkan tingkat metabolisme Anda dan meningkatkan kenyang.

Minum air setengah jam sebelum makan dianggap efektif dalam menurunkan berat badan, karena mulai menolong Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.

6. Bagus buat Ibu Hamil

Wanita hamil membutuhkan nutrisi dan air yg berharga buat pertumbuhan janin yg tepat. Infeksi kandung kemih dan konstipasi terjadi selama kehamilan dan persoalan kesehatan ini bisa dihindari seandainya ibu menyusui dan ibu minum air berlebih. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin