Ganti Popok Bayi 3 Jam Sekali

Jakarta – Jangan membiarkan bayi menggunakan popok tanpa diganti terlalu lama, jangan tunggu penuh baru diganti. Ini mulai mengakibatkan kulit bayi iritasi.

Menurut Dr. Natia Anjasari, Sp.A dari Brawijaya Women and Children Hospital, bila kulit bayi kontak terlalu lama dengan popok yg telah kotor oleh air seni atau feses, dapat terjadi diaper rash.

“Biasakan mengganti popok bayi 3 – 4 jam sekali. Ini utama agar tak terjadi iritasi. Yang kadang sulit dikerjakan adalah pada malam hari,” papar Natia ketika ditemui di acara Sleek Baby menggelar diskusi #1000HariPerlindungan, Jakarta, Senin, (23/07/2018).

Masih menurutnya, banyak masalah yg terjadi di Jakarta saat anak sakit dan tidak jarang panas disebabkan karena infeksi saluran kemih. Ini adalah salah satu dampak dari terjadinya pemakaian popok yg terlalu lama.

“Biasanya, kulit bayi terlalu lama terkena air seni dan fases, menyebabkan iritasi. Lebih parahnya lagi mampu menjadikan infeksi salurah kemih. Ini yg berbahaya karena telah menimbulkan suhu tubuh panas,” tambahnya.

Meski begitu, banyak orangtua yg tak sadar mulai pentingnya tidak jarang mengganti popok bayi. Padahal, ini adalah cara yg sangat simple agar anak tumbuh sehat dan tak sakit – sakitan.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin