Hindari Kehamilan Yang Tidak Direncakan

Jakarta – Pada tahun 90-an, kematian ibu yg melahirkan berusia di atas 35 tahun, dan sekarang banyak terjadi kematian ibu usia di bawah 20 tahun. Mengapa demikian?

Sekitar 40 perseb dari kematian tersebut diakibatkan karena ibu belum bersiap fisik. Salah satubya adalah rahimnya belum matang, atau belum bersiap bagi hamil.

“Kehamilan remaja yg terjadi di salah satu kabupaten di Indonesia bagian timur, ada 42 bayi yg dirawat di rumah sakit. Terdiri dari 26 bayi lahir dari remaja. Itu berarti sekitar 66 persen dari 42 kelahiran,” kata Dr. Eni Gustina,MPH, Direktur Kesehatan Keluarga dari Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, baru – baru ini.

Masih menurutnya, pemerintah melalui program Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) melakukan berbagai usaha. Antara yang lain dengan melakukan kegiatan promotif kepada remaja. Hal ini agar mereka memiliki bekal pengetahuan mengenai kehamilan.

“Kemudian melakukan kegiatan preventif kepada calon pengantin, supaya mereka tahu apa yg harus dipersiapkan sebelum kehamilan terjadi,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin