Ibu Hamil Sehat, Anak Selamat

Jakarta – Dari 100 ribu angka ibu melahirkan, 305 kejadian ibu yg melahirkan meninggal, yg berarti ada 305 anak yatim.

Jika penduduk Indonesia diumpamakan 250 juta orang dan 2 persen dari jumlah tersebut adalah angka kematian ibu, berarti ada sekitar 5 juta ibu yg meninggal.

Dr. dr Ali Sungkar, SpOG-KFM menjelaskan membandingkan jumlah (5 juta orang) tersebut dengan jumlah penduduk Singapura yg tak lebih dari 5 juta. Sekitar 5 juta ibu yg meninggal dalam 1 tahun (52 minggu) berarti sekitar 13.500 orang meninggal ketika proses melahirkan.

Karena itu, diperlukan perencanaan yg matang saat ingin hamil hingga proses kelahiran. Terkadang, hamil mampu terjadi karena tak direncanakan.

“Seperti analogi membangun rumah. Jika mau membangun rumah, untuk gambar dahulu, kemudian siapkan barang-barang yg diperlukan dan minta ijin bangunan. Untuk kehamilan juga sama, harus dipersiapkan. Harus dipersiapkan bobot, bibit, bebet,” papar Ali, Jakarta, baru – baru ini.

Contoh yg sangat kongkrit adalah saat seorang ibu hamil dengan penyakit hepatitis, anak yg lahir kemungkinan dapat terkena sirosis (kerusakan hati).

“Ibu hamil dengan anemia, ibu mampu mengalami pendarahan dan meninggal. Jadi, perbaiki lalu gizinya, baru hamil,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin