Indonesia Bisa Memiliki Bangsa Yang Tinggi

Jakarta – Kasus stunting pada anak memang bukan persoalan baru. Ini menjadi pekerjaan rumah yg sangat besar buat selalu diatasi.

Menurut Professor of International Nutrition, Head of MRC international Nutrition Group 8. Nutrition Theme Lead of London School of Hygiene 8: Tropical Medicine. UK, Prof. Andrew Prentice, pada dasarnya secara genetik Indonesia bukan bangsa yg pendek. Karena, masih menurutnya, Indonesia dapat seperti orang Jepang dan bangsa lainnya.

“Bukan cuma pertumbuhan fisiknya, tapi juga perkembangan kognitifnya,” kata Prof. Andrew Prentice, Jakarta, baru – baru ini.

Masalah malnutrisi, termasuk stunting, hingga kini masih menjadi tantangan buat anak-anak di dunia. Sekitar 162 juta anak berusia di bawah 5 tahun di semua dunia mengalami stunting dan 8,9 jutanya yaitu anak lndonesia.

“Penangan bagi persoalan stunting tergantung dengan sosial ekonomi. Kalau sosial ekonomi baik itu konsumsi makanan dan makannya baik. Tapi kalau makan dengan nonton gadget ini kurang baik. Sebaiknya hal ini harus diajarkan terlebih lalu kepada orangtua. Kedua orangtua harus diajarkan dengan pendidikan pemilihan makanan yg baik dan mengatasi sanitasi yg baik. Ini harus diberikan pendidikan dan diajarkan,” tambah Andrew. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin