Indonesia Gunakan Botol Plastik Hingga 4,8 Miliar

Jakarta – Indonesia menjadi negara ke-4 pengguna botol plastik terbanyak di dunia. Tercatat penggunaan botol plastik di negara Indonesia mencapai 4,82 miliar.

Hal ini diiringi juga oleh data dari Euromonitor yg mengungkapkan berdasarkan pertumbuhan rata-rata (CAGR) di Indonesia, pasar produk plastik rumah tangga selalu mengalami peningkatan hingga tahun 2018 mendatang.

Pertumbuhan market size bagi kategori pembelian produk Beverageware, Food Storage, dan Dinnerware sebesar 11,2 persen Pertahun. Hal di atas menandakan bahwa penggunaan wadah plastik untuk rumah tangga selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun demikian belum seluruh komponen bangsa ini memiliki kesadaran mulai penggunaan wadah plastik secara benar.

Terdapat enam macam plastik, polietilen tereftala (PET), High Density Polyethylene (HDPE), Polivinil Klorida (PVC), Low Density Polyethylene (LDPE), Polipropilen (PP), Polycarbonate (PC), yg memiliki fungsi masing – masing.

“Masyarakat Indonesia kini harusnya akan tahu bahwa setiap macam plastik memiliki treatment berbeda. Ada yg tak boleh kena panas secara langsung, ada yg tak boleh terkena suhu dingin,” papar DR. Emil Budianto Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan dari Universitas Indonesia, Jakarta, Senin, (26/03/2018).

Masih menurutnya, bijak dalam memakai wadah plastik dapat dikerjakan dengan tiga cara. Pertama adalah memilih material plastik yg tak berbahaya untuk kesehatan dan ramah lingkungan, kedua, design kemasan plastik yg limbahnya paling sedikit, dan ketiga menjadi konsumen yg cerdas.
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin