Ini 10 Penyebab Metabolisme Tubuh Lamban

Jakarta – Metabolisme bisa digambarkan sebagai sekelompok proses kimia yg terjadi di dalam tubuh manusia agar mampu mempertahankan fungsi normal.

Jika tingkat metabolisme Anda tak sesuai dengan sasaran, itu mampu menyebabkan berbagai persoalan kesehatan, akan dari kelelahan dan berakhir pada penyakit berbahaya seperti diabetes dan kanker. Jadi, sangat utama buat memastikan bahwa Anda mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang metabolisme dan melakukan segala yg Anda dapat buat mempertahankan tingkat metabolisme yg sehat.

Sulit menurunkan berat badan, kulit kering, tak fleksibel, kelemahan umum, hasrat gula, kekebalan tubuh rendah terhadap penyakit, dan lain-lain, adalah efek samping dari metabolisme yg lamban. Diet seimbang dan olahraga teratur bisa menolong Anda mempertahankan tingkat metabolisme yg sehat. Ada beberapa kebiasaan yg mungkin diikuti banyak dari kami secara teratur, yg mampu memperlambat metabolisme kami secara signifikan.

Simak beberapa kebiasaan umum yg memperlambat metabolisme Anda.

1. Mengkonsumsi Pemanis Buatan

Banyak makanan dan minuman ketika ini mengandung pemanis buatan dalam jumlah tinggi di dalamnya dan mereka mengklaim kandungan lemaknya rendah. Jadi, orang coba mengganti gula biasa dengan pemanis buatan.

Namun, banyak penelitian sudah membuktikan bahwa pemanis buatan mengandung toksin, yg tak cuma mampu menurunkan tingkat metabolisme Anda secara signifikan, namun juga mampu menyebabkan penyakit seperti diabetes, penyakit otak, dan lain-lain.

2. Mengkonsumsi Kalsium Kurang

Banyak orang ketika ini mengikuti pola makan vegetarian, produk susu dan susu mana yg tak disertakan. Seperti kami ketahui, susu adalah salah satu sumber kalsium alami terbaik dan bila benar-benar dihindari, susu ini dapat menyebabkan kekurangan kalsium pada manusia. Kekurangan kalsium juga dapat memperlambat metabolisme Anda.

Jadi, pastikan Anda mengonsumsi cukup kalsium atau suplemen kalsium secara teratur.

3. Melewatkan Makanan

Hal itu biasanya bagi menurunkan berat badan atau cuma karena kurangnya waktu, banyak orang cenderung melewatkan makan setiap hari dan makan pada waktu yg tak biasa. Kebiasaan ini juga dapat memperlambat laju metabolisme Anda bagi sebagian besar dan membuat Anda bertambah gemuk, seiring dengan menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya.

Jadi, jangan melewatkan makan, terutama sarapan pagi.

4. Tidak Minum Air yg Cukup

Sebagian besar dari kami telah tahu bahwa tak mengkonsumsi minimal 2 liter air per hari bisa menyebabkan dehidrasi dan persoalan kesehatan lainnya.

Kini, penelitian penelitian juga memperlihatkan bahwa, dehidrasi bisa memperlambat metabolisme Anda, karena cukup banyak air yg dibutuhkan agar metabolisme tetap sehat.

5. Makan Terlalu Sedikit

Lagi, orang yg memiliki jadwal sibuk atau yg ingin menurunkan berat badan, cenderung makan sangat sedikit dan menghitung kalori sebelum mengkonsumsi makanan.

Makan sedikit makanan juga mampu menyebabkan metabolisme melambat karena tubuh Anda membutuhkan cukup bahan bakar bagi menjaga agar tingkat metabolisme tetap sehat.

6. Mengkonsumsi Alkohol

Banyak orang ketika ini, terutama anak muda, mengonsumsi alkohol secara teratur, bagi bersantai atau berpesta. Sementara telah tahu bahwa alkohol memiliki sejumlah efek kesehatan yg berbahaya, kalian mungkin tak tahu bahwa itu juga mampu memperlambat laju metabolisme Anda, bila dikonsumsi berlebihan.

7. Makan Kelebihan Sayuran – Sayuran

Hal ini mungkin mengejutkan untuk kebanyakan orang karena kalian tahu bahwa mengonsumsi sayuran mentah itu sehat kan? Namun, kalian juga tahu bahwa terlalu banyak hal buruk! Sejumlah besar sayuran mentah sulit dicerna dengan gampang oleh usus dan menghabiskan banyak energi, jadi proses ini juga dapat memperlambat metabolisme Anda.

8. Tidak Mengkonsumsi Lemak Sehat

Kebanyakan orang cenderung menghindari seluruh macam lemak bagi menurunkan berat badan atau mencegah kenaikan berat badan. Namun, lemak sehat seperti asam lemak omega-3, ditemukan dalam kacang-kacangan, ghee, kelapa, alpukat, dan sebagainya, sangat utama buat meningkatkan tingkat metabolisme Anda.

Jadi, menghindari lemak sehat juga dapat memperlambat metabolisme Anda.

9. Sering Stres

Jika Anda adalah orang yg terlalu kadang stres, karena hal-hal kecil, maka itu dapat menjadi salah satu penyebab metabolisme yg melambat, karena stres bisa menghasilkan hormon yg dikenal sebagai kortisol, yg mampu menurunkan tingkat metabolisme.

10. Berolahraga

Berolahraga sangat utama untuk tubuh manusia agar tetap sehat. Bahkan beberapa jam berolahraga dalam seminggu dapat membuat perbedaan positif. Jadi, tak berolahraga sama sekali pasti mampu memperlambat metabolisme Anda, seiring dengan memunculkan sejumlah persoalan kesehatan lainnya. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin