Ini Asupan Makanan Yang Baik Saat Puasa

Jakarta – Usai menjalankan ibadah puasa, tak jarang banyak orang yg memilih makanan sesuai dengan selera. Nah, ada yg perlu diperhatikan saat memilih makanan.

Menurut Ketua Department Ilmu Gizi RSCM FKUI, dr. Fiastuti Witjaksono, ada baiknya orang – orang setelah menjalankan ibadah puasa menghindari makanan dan minuman yg memicu radang pada tenggorok. Hal itu karena sekitar 14 jam, tubuh beristirahat penuh bagi menerima makanan.

“Penting buat mengkonsumsi makanan yg sehat dan seimbang bagi menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Pada ketika puasa, waktu makan terbagi menjadi tiga, merupakan saat sahur, berbuka, dan setelah tarawih,” kata Fiastuti ketika ditemui di acara Betadine, Jakarta, Senin, (21/05/2018).

Masih menurutnya, pada ketika sahur, utamakan mengkonsumsi makanan lengkap yg mengandung karbohidrat, protein. sayur, dan buah serta air putih 2-3 gelas. Hindari minuman yg manis karena bisa mempercepat rasa lapar muncul.

“Saat berbuka, awali dengan makanan/ minuman yg manis bagi mengganti kadar glukosa darah yg telah turun selama berpuasa seperti teh manis. kurma, dan kolak,” tambahnya.

Dia melanjutkan, konsumsi kemudian dengan makan lengkap yg mengandung karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah serta minum 3-4 gelas air putih. Setelah tarawih mampu diisi kembali dengan makanan kecil serta air putih 1-2 gelas.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin