Ini Aturan Main Ibu Hamil Untuk Berolahraga

Jakarta – Para ibu hamil utama melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki. Namun ada yg harus diperhatikan aturan mainnya.

Menurut dr. Irvan Adenin, SpOG(K), Konsultan Fetomaternal dari RSAB Harapan Kita menjelaskan idealnya sehari jalan kaki sekitar 30 menit dan tak boleh berhenti.

“Kalau kalian ikutin itu dan badan kalian sehat. Awalnya akan 2 kali seminggu, 3 kali seminggu. Ini tak menjadi pendarahan. Ini membuat orang bisa cepat melahirkan normal dan menghindari kelahiran operasi,” papar Irvan ketika ditemui di acara Ngobras, Jakarta, Senin (18/12/2017).

Kemudian, masih menurutnya, waktu yg tepat buat melakukan olahraga ringan adalah setelah trimester pertama. Ini adalah waktu yg aman, karena ibu hamil telah melewati fase mual dan muntah.

“Tiga bulan pertama itu orang mual muntah. Ikuti saja, tanda – tanda alam. Tidak bulan pertama jangan terlalu banyak aktivitas. Placenta itu nempel banget pada 16 minggu. Kalau telah nyaman, 16 pekan dapat melakukan jalan pagi selama 30 menit,” tambahnya.

Yang terpenting adalah tak menjadikan janin kontrasi dan membuat ibu hamil merasa sakit. Ini agar menghindari kelahiran janin sebelum waktunya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin