Ini Cara Agar Anak Tidak Terkena Diabetes

Jakarta – Anak yg lahir dengan berat badan lebih dari empat kilogram, memiliki kemungkinan terkena diabetes. Lantas, bagaimana caranya agar tak cepat terjangkit diabetes?

Menurut dr. Em Yunir, SpPD, KEMD, Sekretaris Jenderal Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), menjaga anak agar tak terkena diabetes prinsipnya adalah tetap menjaga postur tubuh ideal. Hal ini sangat berkaitan dengan berat badan tubuh anak agar tak mengalami obesitas.

“Kesulitan yg ada di kota besar dalam menjaga berat badan tubuh tetap ideal untuk anak adalah mencari ruang atau tempat ideal bagi anak beraktivitas fisik. Ajak anak melakukan aktivitas fisik. Setidaknya, mau enggak mau harus dikerjakan agar tubuh anak tetap ideal. Ini dapat menghambat terjadinya diabetes,” papar Em Yunir ketika ditemui di acara Diabetes dan family lindungi keluarga dari diabetes di kantor P2P Kemenkes kerjasama dengan Nutrifood, Jakarta, Jumat, (13/04/2018).

Kunci berikutnya adalah orangtua harus menahan anak agar tak jajan sembarangan. Ini penting, agar anak tak mengkonsumsi makanan manis dan juga bersiap saji.

Jika konsumsi makanan tak sehat lebih banyak, asupan kalori yg masuk ke dalam tubuh berlebih. Dengan begitu, kadar gula dalam darah dapat melonjak. Ini mampu berakibat fatal dan membuat anak lebih cepat terkena diabetes.

“Orangtuanya juga harus hati-hati memberikan makanan. Jangan mencari martabak manis. Cari makanan yg sehat. jangan dikasih junkfood. akhirnya total kalori yg masuk, melebih yg dibutuhkan,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin