Ini Cara Didik Anak Di Era Digital

Jakarta – Perangkat digital dan akses internet sudah menjadi bagian dari kehidupan anak-anak masa kini.

Menyambut Hari Anak Nasional 2018 tahun ini, Najeela Shihab sebagai insiator Semua Murid Semua Guru dan Keluarga Kita menjelaskan beberapa tips cerdas mendidik anak di era digital. Ini mampu menjadi acuan orangtua buat bagaimana bisa memastikan anak – anak mereka berinteraksi dengan teknologi dengan cara yg sehat dan bertanggung jawab.

Najeela Shihab yg mengisi BincangShopee, membeberkan tips tersebut, seperti yg dikutip dari siaran pers, Jakarta, Sabtu, (21/07/2018).

Meskipun teknologi digital mampu digunakan bagi menolong anak-anak belajar dan berkembang, utama buat orang tua buat memantau macam keterangan apa yg bisa diakses, dan seberapa kadang anak-anak memakai gadget mereka.
“Sebagai orang tua, kami perlu bersikap sensitif dan responsif, khususnya terkait aktivitas dan interaksi di dunia digital serta memahami tantangan dan hambatan kami sebagai orang tua. Kita perlu membekali anak keterampilan dalam dunia digital dengan memberdayakan, bukan mengontrol, serta mencontohkan, bukan menasihatkan sehingga bisa bertanggung jawab saat berinteraksi di dunia digital,” ungkap Najeela.

Nah, bagi orang tua, berikut adalah beberapa kiat bisa mengasuh anak di dunia digital dengan baik.

1. Berdayakan Anak

Bukan sekadar melarang atau mengsensor materi digital, tetapi juga membekali anak dengan keterampilan buat bisa memilah dan memilih konten serta aktivitas di dunia digital yg sesuai dengan tahap perkembangan anak.

2. Memahami Tantangan dan Hambatan sebagai Orangtua

Tantangan terbesar orangtua adalah tak menjadikan pendampingan anak di dunia digital sebagai prioritas atau menganggap anak mulai paham dengan sendirinya. Hindari berlindung dari kondisi bahwa diri kalian gaptek sehingga tak perlu belajar lebih jauh mengenai dunia digital.

3. Komunikasi Efektif

Pastikan cara berkomunikasi orangtua pada anak mencapai tujuannya merupakan memenuhi kebutuhan anak dan sesuai dengan dengan tujuan pengasuhan. Pastikan sikap dan ucapan kalian memberikan dampak positif, bukan sebaliknya.

4. Membuat kesepakatan bersama

Buat kesepakatan mulai penggunaan teknologi yg disepakati bersama anak dan konsisten dalam menjalankannya. Penting buat orang tua bagi turut melibatkan anak dalam membuat kesepakatan, dengan demikian anak merasa pendapatnya dihargai dan dianggap utama sehingga mampu menerapkannya dengan tepat. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin