Ini Faktor Pemicu Kanker Tiroid

Jakarta – Ada sejumlah faktor yg menjadi pemicu meningkatnya risiko kanker tiroid. Apa saja?

Menurut Ketua Umum YKI Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP, ada sejumlah faktor makanan yg memicu dan mampu meningkatkan risiko kanker seperti alkohol yg mampu mempengaruhi kesehatan mulut, tekak, pangkal tenggorokan saluran kerongkongan, hati, payudara, usus besar dan dubur.

Selanjutnya, sementara garam yg berlebih berpengaruh terhadap kesehatan lambung, gula yg berlebih terhadap usus besar dan dubur, daging yg dipanggang dengan arang berkemungkinan berpengaruh terhadap usus besar dan dubur. Kemudian, lemak total dan lemak jenuh berpengaruh terhadap kesehatan paru-paru, usus besar, dubur, payudara dan prostat.

“Adapun faktor makanan yg berhubungan dengan pengurangan risiko kanker meliputi makanan berserat yg bermanfaat buat kesehatan kolorektal, pankreas dan payudara; asam folik buat kesehatan serviks dan kolorektal; Vitamin D dan kalsium buat kolorektal dan payudara; antioksidan baik yg bersifat nutrisi dan non-nutrisi dari makanan baik bagi kesehatan kolorektal, paru-paru, payudara, serviks, prostat, kerongkongan dan lambung,” ujar Ketua Umum YKI Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP, Jakarta, Rabu, (10/10/2018).

Masih menurutnya, vitamin C yg bersumber dari makanan bagi kesehatan mulut, kerongkongan, paru-paru, lambung, pankreas dan serviks; the (flavonoids) baik bagi kesehatan paru-paru dan kolorektal, dan zat Alpha-tocopherol baik bagi paru-paru, erta isoflavon kedelai buat kesehatan payudara. Sedangkan penyebab kanker lainnya termasuk rokok (160.000 dari 514.000 kematian karena kanker disebabkan oleh rokok), kurang berolahraga dan obesitas.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin