Ini Kunci Sukses Bumil Bahagia

Jakarta – Faktor emosi positif pada ibu hamil (bumil) menjadi salah satu penentu perkembangan janin di dalam kandungan. Lantas apa saja kunci sukses bumil agar tetap bahagia?

Menurut Dr.med.Ferdhy Suryadi Suwandinata,SpOG(K), dokter spesialis kebidanan dan kandungan, salah satu kunci agar ibu hamil (bumil) merasa nyaman serta dapat memelihara emosi positif adalah mendapat dukungan dari suami. Apa saja bentuk dukungan dari suami?

“Para suami dapat melakukan dengan tak merokok, memperhatikan asupan makanan bumil, mengingatkan buat istirahat yg cukup, mengajak berolahraga, berempati pada periode mual dan muntah, bijak menyikapi perilaku mengidam, mendampingi ketika konsultasi, ikut menstimulasi janin, ikut kelas parental, rajin memijat ibu, menyusun rencana melahirkan, dan mendampingi di hari kelahiran,” papar Dr.med.Ferdhy Suryadi Suwandinata,SpOG(K), dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ketika ditemui di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Faktor pendukung tersebut berkaitan dengan kualitas hubungan antara suami dan istri. Jika pasangan suami istri tak harmonis atau kadang ribut, maka secara segera mulai berpengaruh pada anak.

“Hormon kortisol pada ibu mulai tinggi dan dapat mempengaruhi psikologis pada bayi,” tambahnya.

Sebaliknya, seandainya hubungan antara suami dan istri tetap harmonis, maka kondisi janin di dalam kandungan mulai sejahtera, aman, dan tenang.

“Anak mulai cenderung memiliki psikologis yg baik. Karena tak mendapat tekanan dari luar,” ujarnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin