Ini Resep Sehat Sampai Tua

Jakarta – Memiliki tubuh sehat ketika menginjak usia tua adalah impian seluruh orang. Namun, bagaimana caranya?

Menurut dr. Asril Bahar, Sp.PD,K-GER, dari rumah sakit Tebet, ada resep jitu bagi tetap memiliki tubuh sehat di hari tua. Permasalahannya, di Indonesia banyak orang yg cuma peduli dengan bagaimana mengatasi sakit, bukan bagaimana mencegah agar tak sakit.

“Kita ini di Indonesia lebih banyak peduli sakit dari pada sehat. Dia (orang) kalau sakit mereka tanya ke dokter. Kalau dia sehat jarang cek up berkala. Mobil saja, kalau 10.000 kilometer harus cek up,” papar Asril ketika ditemui di ulangtahun Rumah Sakit Tebet, Jakarta, Selasa, (10/04/2018).

Masih menurutnya, menjaga kesehatan sejak dini sangat penting. Bisa dimulai dari usia 30 tahun ke atas. Hal tersebut karena, penyakit degeneratif biasanya menyerang ketika usia 30 tahun.

“Plak – plak kolesterol telah akan ada pada usia 30 tahun. Tingkat gula dalam darah juga perlu dipantau. Tolong cek up secara berkala. Mulai saja dengan cek up simple, misalnya cek kesehatan dasar yg harga Rp. 200 ribu. Kemudian, dapat meningkat Rp.500 ribu. Kalau mau yg lebih komplit lagi, mampu yg harganya Rp. 1 juta,” tambahnya.

Untuk cek kesehatan, tak perlu dikerjakan satu bulan sekali. Ini berlaku buat orang yg berusia 30 tahun. Jika usia telah akan menua, lebih baik cek kesehatan setahun dua kali, atau dapat tiga bulan sekali.

Kemudian yg terpenting adalah aktivitas fisik. Untuk para orangtua, harus tetap aktif bergerak. Paling tidak, dalam sekali olahraga harus dapat mencapai durasi 30 menit.

“Olahraga harus jadi budaya. Lebih baik tiga kali seminggu harus 30 menit. Enggak usah high impact cukup low impact. Bisa jalan kaki,” katanya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin