Ini Sebab Anak Muda Cepat Terserang Stroke

Jakarta – Serangan stroke bisa terjadi pada jenjang usia muda hingga tua. Ada beberapa sebab mengapa ketika ini tak jarang anak muda cepat terserang stroke.

Menurut dr. Adin Nukhasanah, Sps, MARS, Ketua Yayasan Indonesia Strokw Society, pada acara Strike back at stroke di Neo Soho beberapa waktu lalu, memang bagi masalah stroke ketika ini sangat didominasi orang yg berusia tua. Namun ternyata, persentase usia di bawah 40 tahun sangat meningkat.

“Faktor risikonya adalah memiliki kolesterol tinggi, diabetes, darah tinggi, dan merokok,” papar Adin, Jakarta, baru – baru ini.

Dia menambahkan, tren menjadi naik saat para anak muda terlalu jarang bergerak. Menghabiskan waktu dengan bermain gadget dan terlalu banyak duduk adalah salah satu penyebabnya.

“Selain itu, hipertensi atau darah tinggi yg tak terkontrol dengan baik. Kalau telah minum obat dan turun darah tingginya, ya sudah. Tidak dilanjuti lagi minum obatnya. Kalau pada usia tua sangat tertib saat minum obat dan lainnya,” tambahnya.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, prevalensi stroke di Indonesia 12,1 per 1.000 penduduk. Angka tersebut meningkat dibandingkan Riskesdas 2007 sebesar 8,3 perseribu.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin