Ini Upaya Tingkatkan Indeks Kebahagiaan Di Papua

Jakarta – Sebuah survey indeks kebahagiaan oleh BPS juga memamerkan bahwa Papua adalah salah satu daerah yg indeks kebahagiaannya paling rendah di Indonesia.

Kemudian, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), 27,74 persen penduduk Papua masih hidup dalam kemiskinan, dan 63.770 orang Papua menganggur. Hal tersebut karena mengingat keadaan yg menantang dalam sejumlah aspek mendasar kehidupan, seperti kesehatan, pendidikan, pendapatan, keadaan rumah, dan keselamatan.

Selanjutnya, menurut survei Literasi dan Inklusi keuangan oleh OJK pada tahun 2016 juga mencatat bahwa pengetahuan mengenai keuangan bagi hampir keseluruhan Indonesia Timur lebih rendah dibandingkan wilayah-wilayah lain. Papua Barat menduduki peringkat terendah di 19.27 persen dan Papua 22.18 persen.

Karena itu, dibutuhkan program – program yg bisa mengatasi persoalan tersebut agar indeks kebahagiaan di Papua lebih meningkat. Salah satunya adalah, seperti yg mulai dikerjakan oleh Prudential Indonesia buat memberikan pendidikan kepada anak – anak kaum muda agar mampu melakukan kegiatan kewirausahaan di daerahnya.

“Kemitraan strategis dengan tujuan yg sama sangat utama dalam memaksimalkan pelaksanaan program-program yg berdampak sosial. Prudential Indonesia senang mampu bermitra kembali dengan Prestasi Junior Indonesia, kali ini buat melaksanakan program Pemberdayaan Indonesia Timur yg mulai fokus pada entrepreneurship atau kewirausahaan sebagai program unggulan,” kata Rinaldi Mudahar, Country CEO, Community Investment Prudential Indonesia, Jakarta, baru – baru ini.

Masih menurutnya, pihaknya mulai melihat dan menilai segera ke lapangan bagi memastikan area-area dimana dan kelompok masyarakat mana yg mulai menjadi wilayah target dan penerima manfaat pembelajaran selama tiga tahun ke depan.

Perlu diketahui, pada akhir tahun 2017, melakukan pertama kali menanamkan benih program tanggung jawab sosial di Indonesia Timur, melalui kegiatan Child-Friendly School yang bertujuan meningkatkan pengalaman belajar untuk anak-anak di Kabupaten Jayapura, Papua.

Prudential Indonesia membangun sebuah perpustakaan di SD Komba Inpres dan merenovasi SD YPK Ifar Babrongko. Dengan memakai metode Pembelajaran Aktif, Menyenangkan dan Efektif (AJEL), kemudian juga melakukan pelatihan literasi keuangan kepada 27 guru dan 8 sekolah dasar di semua Jayapura. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin