Ini Waktu Yang Tepat Untuk USG Kandungan

Jakarta – Kapan USG kehamilan dilakukan? Penasaran, seharusnya berapa kali ibu hamil melihat kondisi janinnya di dalam perut?

Menurut Dr Irvan Adenin SpOG(K), Konsultan Fetomaternal dari RSAB Harapan Kita, minimal tiga kali selama kehamilan. Pertama pada trimester pertama (minggu 6-24 minggu) tujuan USG buat mengetahui usia kehamilan secara akurat.

“Haid terakhir tak bisa menjadi patokan akurat usia kehamilan. USG kedua dikerjakan pada usia kehamilan 18-24 minggu. Di masa kehamilan ini, tepat bagi mengetahui kecacatan janin. Di pekan ini juga bisa dikerjakan measure blood flow to the uterus (tekanan aliran darah ke rahim) bagi melihat risiko gangguan tumbuh kembang janin dan risiko preeklamsia,” papar Dr Irvan Adenin SpOG(K), Konsultan Fetomaternal dari RSAB Harapan Kita ketika ditemui di acara Ngobras, Jakarta, Senin (18/12/2017).

Kemudian, bagi USG ketiga, di pekan 32-34 bagi memastikan manifestasi pertumbuhan janin. Di periode ini seandainya keadaan pembuluh darah ibu telah menyempit sejak awal sebelum hamil, barulah muncul manifestasi gangguan. Hal ini karena di usia kehamilan awal, belum ada kebutuhan besar-besaran dari janin sehingga kehamilan mulai nampak baik-baik saja.

“Tetapi di pekan ke 33-34, pertumbuhan janin tengah mencapai kecepatan maksimal dan janin membutuhkan nutrisi dalam jumlah banyak. Jika pembuluh darah ke rahim menyempit, ibu hamil mulai akan mengalami keluhan, antara yang lain sesak napas, dan gangguan pertumbuhan janin mampu terdeteksi,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin