Ini Yang Terjadi Jika Kekurangan Zat Gizi Mikro

Jakarta – Kekurangan zat gizi mikro (micronutrient) mempengaruhi metabolisme pada tubuh dan menyebabkan persoalan kesehatan. Lantas apa saja?

Menurut Dirjen Farmasi dan Alat Kesehatan Kemenkes, Maura Linda Sitanggang, micronutrient yg dimaksud adalah vitamin dan mineral. Masalah kesehatan yg timbul seandainya kekurangan zat gizi tersebut adalah terjadi gangguan jantung dan penyakit lainnya.

“Konsumsi makanan yg lengkap belum tentu cukup buat memenuhi kebutuhan zat gizi mikro. Banyak masalah di mana orang tak sadar bahwa mereka menderita kekurangan zat gizi mikro,” papar Dirjen Farmasi dan Alat Kesehatan Kemenkes, Maura Linda Sitanggang di acara konfrensi pers Eat Asia Pasific Food Forum, Selasa (31/10/2017).

Karena itu, lanjutnya, ada berbagai intervensi yg mampu dikerjakan sesuai dengan status nutrisi dan permasalahan kesehatan. Mulai dari suplementasi, fortifikasi dan biofortifikasi, pendidikan nutrisi, modifikasi/diversifikasi pangan, dan penyediaan pangan.

Intervensi kesehatan masyarakat seperti pengendalian penyakit infeksi, perubahan prilaku menuju kebutuhan kesehatan juga harus dipertimbangkan secara simultan.

Salah satu cara bagi memenuhi zat gizi adalah dengan memasukan makanan yg memiliki kategori makanan tinggi gizi. Bisa dilihat dari makanan lokal yg ada. Misalnya, salah satu makanan khas Jawa adalah gatot.

“Kalau dipelajari, makanan itu adalah macam prebiotik. Makanan yg kalau dimakan mulai menumbuhkan bakteri baik dan tumbuh di tubuh,” papar Siswanto Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin