Irma Chaniago: Program Kemenkes Tak Ada Perubahan

Jakarta – Irma Chaniago anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat RI menegaskan, pihaknya sangat aktif mendorong agar vaksin HPV dijadikan program nasional.

Pada Tahun 2015, Komisi IX mengadakan Rapat Dengar Pendapat dengan Menteri Kesehatan, telah mengusulkan perlunya vaksin HPV menjadi program nasional di mana segala fraksi setuju.

“Biaya bagi program nasional tak sebanding dengan dampak penyakit. Komisi IX melihat program kesehatan dari Kemenkes tak ada perubahan dari tahun ke tahun,” kata Irma Chaniago ketika ditemui di forum Ngobras, Jakarta, baru – baru ini.

Karena itu, dia menambahkan, perlu dibuat terobosan-terobosan program, antara yang lain memulai program vaksinasi HPV. Pilot project yg telah dikerjakan di 3 kota merupakan Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya perlu diperluas ke wilayah lain.

“Setelah tahun 2019 diharapkan vaksin HPV telah menjadi program nasional. Kita berharap segala pihak harus mendorong vaksin HPV sebagai program nasional,” tambahnya.

Kenapa hal ini begitu mendesak? Karena di daerah rata-rata belum memiliki alat kemoterapi, bahkan rumah sakit regional rujukan tak memiliki fasilitas kemoterapi. Ditambah sosialiasi kanker serviks tak sekuat program Kemenkes lain.

“Pemerintah belum menjadikan vaksinasi HPV prioritas karena pola pikirnya kanker serviks bukan wabah. Pemerintah harus lebih peduli pada perempuan Indonesia karena perempuan yg melahirkan tunas-tunas bangsa sebagai penerus bangsa,” tegasnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin