Jakarta Menuju Kota Layak Anak

Jakarta – Untuk mewujudkan Jakarta Menuju Kota Layak Anak, Mundipharma Indonesia mengadakan pelatihan penanggulangan luka ringan dan cara cuci tangan yg benar buat 372 pengelola dari 186 RPTRA DKI Jakarta.

Program Ini yaitu kelanjutan dari dukungan Mundipharma Indonesia yg teIah meIengkapi 186 RPTRA DKI Jakarta dengan peralatan P3K serta menyediakan sarana pendukung kebutuhan sanitasi berupa sabun cair.

dr. Dien Emawati, M.Kes Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi program kerjasama yg diIakukan bersama dengan Mundipharma Indonesia.

“Saat ini, semua 186 RPTRA di Jakarta telah menerima kotak P3K yg utama buat meningkatkan peIayanan di RPTRA. Namun, agar penggunaan materi dI kotak P3K menjadi Iebih efektif, para pengelola perlu dibekali dengan Informasi mengenai cara penggunaan kotak P3K dan cara penanganan terhadap Iuka ringan sehingga mampu memberikan peIayanan secara tepat dan profesional terhadap masyarakat yg berkunjung ke RPTRA,” kata dr. Dien Emawati, M.Kes Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta ketika ditemui di RPTRA Kalijodo, Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Mada Shinta Dewi iCountry Manager Mundipharma Indonesia menjelaskan melalui edukasi ini, para pengelola RPTRA diharapkan bisa menjadi corong dalam mengajak masyarakat buat Iebih rutin beraktivitas di luar ruang.

“Pengelola RPTRA juga didorong buat mampu melakukan penanggulangan pada Iuka ringan secara benar dan cepat serta memberikan keterangan yg tepat pada masyarakat tentang cara menjaga kebersihan diri dan keluarga dengan baik melalui cuci tangan dengan antiseptik yg tepat,” papar Mada Shinta Dewi iCountry Manager Mundipharma Indonesia.

Selain menyediakan perlengkapan dan pelatihan, Mundipharma Indonesia juga menyediakan sarana edukasi berupa poster yg bisa menjadi acuan tentang cara mencuci tangan yg tepat dan langkah – langkah pertolongan pertama pada luka ringan sebagai panduan masyarakat dalam memakai perlengkapan P3K yg sudah disediakan.

Cara penanganan luka ringan yg tepat dimulai dengan membersihkan Iuka memakai air bersih, keringkan daerah kulit di sekitar luka dan berikan antiseptik pada bagian Iuka bagi memastikan tak terjadi infeksi, kemudian tutup luka dengan plester atau perban. Dengan mengikuti cara tersebut, risiko kontaminasi virus, bakteri atau kuman pada luka bisa diminimalisir.

Dalam menjaga kebersihan diri dan keluarga, masyarakat juga diingatkan buat rutin mencuci tangan memakai antiseptik mengingat banyaknya kuman penyebab penyakit yg dapat bertahan di sekitar kalian hingga 24 jam.

Cara cuci tangan yg benar dimulai dengan membasahi seIuruh area tangan dengan air bersih, gunakan cairan pembersih antiseptik secukupnya dan cucilah telapak tangan, jari-iemari, punggungtangan dan ujung kuku dengan seksama selama 20 detik, kemudian sabun dibilas kembali memakai air bersih. Setelah cuci tangan, masyarakat diingatkan buat mengeringkan tangan dengan baik sebelum kembali melakukan aktivitas. Cuci tangan wajib dikerjakan setelah beraktivitas di luar ruang.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin