Jangan Anggap Remeh Nyeri Pada Wajah

Jakarta – Gejala awal yg kadang terjadi pada pasien dengan trigeminal neuralgia adalah nyeri di wajah yg terjadf secara sepontan, dalam waktu yg singkat.

Menurut dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, Pakar Nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, gejala awal yg kadang terjadi pada pasien dengan trigeminal neuralgia adalah nyeri di wajah yg terjadI secara sepontan, dalam waktu yg singkat. Namun keadaan ini, lama kelamaan dapat berkembang lebih berat, dari sisi nyeri yg dialami pasien dan juga waktu serta intensitas munculnya nyeri.

Masih menurutnya, dari kepustakaan yg ada disebutkan bahwa nyeri trigeminal neuralgia lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pria, dengan risiko meningkat pada mereka usia lanjut diatas 50 tahun.

“Trigeminal neuralgia yaitu sebuah keadaan medis dimana terjadi nyeri yg bersifat kronik (lebih dari 3 bulan) yg bersumber dari gangguan pada saraf trigeminal sehingga menyebabkan sensasi rasa nyeri di bagian wajah. Saat Anda mengalami keadaan ini, stimulasi kecil di wajah seperti sentuhan, tersenyum atau aktivitas sehari-hari seperti menyikat gigi bahkan mengaplikasikan make up di daerah wajah, mulai mencetuskan terjadinya rasa sakit yg luar biasa,” kata Mahdian Nur Nasution, Jakarta, Kamis, (27/09/2018).

Masih menurutnya, dengan berkembangnya teknologi kedokteran ketika ini, ada beberapa pilihan terapi yg bisa dikerjakan buat pasien trigeminal neuralgia, sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup pasien karena terbebas dari rasa sakit. Pilihan terapi yg dimaksud meliputi pemberian obat-obatan, suntikan dan operasi serta teknologi minimally invasive seperti radiofrekuensi ablasi. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin