Jangan Asal Memilih Produk Untuk Gigi

Jakarta – Pada bulan penuh berkah, umat muslim berlomba mendapat pahala dan berjalan ke arah yg baik. langkah paling sederhana misalnya dalam pemilihan produk yg digunakan atau dikonsumsi.

“Sebagai langkah menuju jalan yg lebih baik atau berhijrah, sebisa mungkin kami pasti mulai mengikuti dan mendekat pada ajaran-ajaran-Nya, termasuk misalnya menjaga kesehatan mulut dan gigi, bagian utama yg harus kalian perhatikan, terutama ketika berpuasa,” buka Hj. Syifa Fauzia, M.Art, Ketua Umum BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim), Jakarta baru – baru ini.

Alangkah lebih baik bila bahan dan kandungan yg digunakan ketika membersihkan gigi sebisa mungkin mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW, seperti misalnya siwak. Siwak, salah satu bahan alami yg sudah lama dipercaya sejak lama bagi mengatasi persoalan kesehatan mulut dan gigi. Diketahui, tanaman dengan batang bengkok berbau khas ini efektif dalam menghilangkan endapan plak dan menjaga kebersihan mulut.

Siwak berasal dari tanaman yg disebut salvadore persica yg tumbuh di sekitar Mekkah dan di Timur Tengah. Beberapa hadits menyebutkan manfaat siwak dalam menjaga kebersihan mulut. Oleh karena itu, siwak sudah digunakan secara luas di kalangan umat Islam sejak Nabi Muhammad SAW, seperti ada tertulis dalam Hadits Riwayat Bukhari, “Dari Hudzaifah ibnul Yaman Radhiyallahu anhu, dia pun berkata: Adalah Rasulullah seandainya bangun dari malam dia mencuci menggosok mulutnya siwak.”

Hingga kini, siwak sangat dianjurkan dalam program kesehatan gigi preventif di negara-negara Muslim.

“Mengenai siwak ini ditulis juga dalam Hadits shahih riwayat Ahmad yg berkata bahwa siwak yaitu kebersihan untuk mulut dan keridhaan buat Rabb,” ujar Hj. Syifa.

Beliau mengatakan, bersiwak adalah salah satu sunnah Nabi yg keutamaan dan dorongan bagi melakukannya terdapat dalam beberapa hadits yg banyak jumlahnya. Adapun penjelasan beberapa hadits tersebut mencakup setiap alat yg dapat digunakan buat membersihkan gigi, seandainya memang dengan alat tersebut tercapai tujuan kebersihan gigi dan dikerjakan dengan niat melaksanakan sunnah siwak.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin