Jangan Pernah Bertukar Celana

Jakarta – Bertukar celana adalah salah satu hal yg dapat menyebabkan penyebaran virus HPV.

Menurut Prof.dr.Andrijono SpOG(K), Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI), virus HPV memang sangat dasyat karena penyebarannya sangat cepat. Meski begitu, virus ini dikenal dengan virus cantik.

“Dia sangat cantik. Memang tak ada gejalanya. Tapi cepat sekali menular. Salah satunya dengan bertukar celana. Biasanya dinamakan pants sharing,” papar Andrijono ketika ditemui di kawasan Jakarta Pusat, baru -baru ini.

Masih menurutnya, virus HPV tersebut memang sangat ramah dan tenang. Jadi, orang yg terkena HPV biasanya tak sadar dan tak tahu saat hal terkena virus yg menyebabkan kanker serviks itu.

Untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan dan tak cepat terjangkit virus HPV, Andrijono menganjurkan para wanita buat membersihkan daerah kewanitaan setelah membuang air kecil dengan air mengalir. Hal ini bagi menghindari membersihkan dengan tisu, seperti yg banyak disediakan di toilet.

“Tidak perlu memakai antiseptik pembunuh kuman setelah buang air kecil. Karena, ini mulai membunuh kuman jahat dan juga kuman baik. Nanti mulai mati seluruh kumannya,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin