Jangan Sedih Ketika Fisik Berubah Usai Melahirkan

Jakarta – Menurut penelitian University of Chicago, sebesar 75 persen perempuan di semua dunia mulai cenderung berubah menjadi lebih gemuk setelah melahirkan bayi, khususnya bayi bagi pertama kalinya.

Liza M Djaprie, selaku Psikolog Klinis menjelaskan perubahan fisik ini diikuti dengan perubahan pada psikologis seorang lbu yg cenderung tak yakin diri atau gusar dengan keadaan fisik yg mungkin tidak kunjung beralih kepada keadaan ketika sebelum hamil.

“Kegiatan olahraga sederhana mampu menjadi solusi buat Ibu di rumah dalam menjaga serta mengembalikan kestabilan psikologis Ibu,” kata Liza ketika ditemui di acara Mothercare, Jakarta, Kamis, (04/10/2018).

Masih menurutnya, kondisi setelah melahirkan dapat menjadi situasi krisis yg kerap dialami para perempuan. Ini adalah kondisi yg perlu dikerjakan adaptasi yg tak mudah.

“Semua itu memerlukan proses adaptasi atau penyesuaian. Hal ini kerap dialami oleh para perempuan dan dinamakan post partum depression,” tambahnya.

Depresi pasca melahirkan sangat kelihatan dari data yg ada. Setidaknya satu dari 10 orang perempuan yg baru melahirkan mengalami hal tersebut. Fakta lainnya adalah, depresi ternyata tak cuma dialami perempuan, tapi juga para laki- laki atau seorang ayah.

“Olahrga mampu menjadi penolong yg baik. Karena itu, harus ada power bagi melawan kondisi tersebut. Dengan bergerak setiap hari,” ujarnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin