Jangkau Akses Kesehatan Dengan Telehealth

Jakarta – Menjangkau akses kesehatan adalah salah satu persoalan yg kerap dirasakan masyarakat di pelosok daerah. Hal ini menjadi salah satu hal yg harus diatasi.

Menurut Suryo Suwignjo, selaku Philips Indonesia President Director, buat mengatasi persoalan tersebut, peran teknologi sangat penting. Inovasi teknologi dari perusahaan swasta memberi kontribusi utama terhadap usaha penyedia layanan kesehatan serta pemerintah lokal maupun nasional dalam memberikan pelayanan kesehatan yg layak.

Pihak swasta mampu menyediakan teknologi yg dibutuhkan buat menghubungkan tenaga kesehatan di daerah terpencil dengan rumah sakit yg berada di kota – kota besar yg memiliki fasilitas lebih lengkap buat mampu memberi pertolongan lebih cepat dan diagnosa lebih akurat.

“Hal ini memungkinkan dengan adanya telehealth. Masa depan layanan kesehatan terletak pada solusi yg disediakan dari adanya perkembangan teknologi,” papar Suryo Suwignjo, ketika ditemui di acara peran teknologi dalam meningkatkan akses kesehatan, Jakarta, Jumat, (13/04/2018).

Berkaca dari tingkat kesehatan di Amerika, masyarakat dapat melakukan telehelth. Ini dapat lebih mempersingkan waktu dan dapat menekan biaya.

“Yang kedua ini sangat penting. menekan biaya bagi mengatasi kesehatan di sebuah negara adalah hal yg paling diutamakan,” tambahnya.

Perkembangan teknologi dengan adanya telehealth menurut Fajaruddin Sihombing, Se, Kompartemen JKN ARSSI, sangat baik bagi masyarakat dan rumah sakit. Meski begitu, harus didukung oleh regulasi yg tepat.

“Buat rumah sakit telehealth sangat baik sekali. Ini sangat mempermudah dalam proses pemeriksaan kesehatan. Ini telah menjadi sebuah kebutuhan,” ujar Fajaruddin. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin