Kasus Kanker Usus Besar Dan Hati Semakin Meningkat

Jakarta – Kanker hati dan kanker kolrektal atau usus besar menjadi salah satu penyakit yg mematikan. Ini ternyata cukup banyak di derita masyarakat Indonesia.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, kanker kolorektal yaitu kanker yg kejadiannya menempati urutan kedua terbesar sebagai macam kanker yg terdiagnosa pada pria dan ketiga pada wanita. Tidak jauh berbeda dengan kanker kolorektal, kanker hati juga banyak diderita di Indonesia.

Menurut data Globocan, pada 2012 terdapat 782.451 penderita kanker hati di semua dunia, sebanyak 18.121 penderita berasal dari Indonesia.

Menanggapi fenomena ini, Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) sebagai lembaga penelitian kanker di Indonesia memfokuskan penelitiannya di bidang kanker hati dan kolon.

Institusi penelitian yg terletak di Tangerang ini, fokus penelitian dipusatkan pada upaya bagi memahami perkembangan mutasi genetik dan pengaruhnya terhadap pasien kanker.

“Fokus penelitian MRIN adalah kanker hati dan kanker kolon. Hal ini karena keduanya yaitu macam kanker yg tidak jarang ditemui di Indonesia dan seringnya penderita yg didiagnosa telah dalam stadium lanjut,” kata Ivet Suriapranata selaku Principal Investigator di Mochtar Riady Institute for Nanotechnology, seperti dikutip dari siaran pers, Jakarta, Kamis, (10/01/2019).

Selain itu, kanker hati yg disebabkan oleh infeksi Hepatitis B Virus (HBV) atau Hepatitis C Virus (HCV) berkepanjangan juga memiliki prevelensi yg cukup tinggi di Indonesia.

Lebih lanjut Ivet menjelaskan, penelitian kanker yg dikerjakan di MRIN mencakup bidang genomic (berdasarkan profil gen) dan proteomic, (berdasarkan pada sifat protein). Ivet juga menambahkan bahwa riset yg dikerjakan mencakup prediction (prediksi), prevention (pencegahan) dan treatment (pengobatan)atas penyakit kanker. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin