Kebutuhan Kalori Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Jakarta – Kebutuhan kalori pada Ibu hamil perhari meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

Menurut dr. Riani F. Suganda, M.Kes, SpGK, pada trimester pertama, kebutuhan kalori pada Ibu hamil mencapai 1500 + 100 kalori. Kemudian, pada trimester kedua, 1500 + 300 kalori.

“Mungkin dengan makan dua gorengan telah terpenuhi kalorinya. Tapi, apakah itu yg dibutuhkan? Ternyata, itu tak mencukupi asupan kalori yg sesungguhnya. Ibu hamil tetap membutuhkan karbohidrat, protein, dan lemak. Ini gunanya bagi perkembangan janin dan organ di dalam janin,” kata Riani ketika ditemui di acara Teman Bumil, Jakarta, Kamis, (31/01/2019).

Kemudian bagi trimester tiga, asupan kalori yg dibutuhkan adalah 1500 + 300 kalori. Kebutuhan itu semakin meningkat saat Ibu harus menyusui anak. Sekitar 1500 + 600 kalori. Ini mampu dua kali lipat kebutuhan kalorinya.

“Jadi tak ada alasan saat sibuk mengurus bayi baru lahir dan tak milik waktu buat makan. Karena, Ibu menyusui perlu asupan protein dan mineral buat memproduksi Air Susu Ibu (ASI),” tambahnya.

Banyak perkara yg ditemukan, saat seorang Ibu sibuk mengurus anak, dia tak memperhatikan asupan makanan yg bergizi.

“Ada yg yang berasal saja, makan nasi pakai telor ceplok, tambah kerupuk dan sambal. Selesai. Itu tak mencukupi kandungan gizi seimbang,” ujarnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin