Kemasan Ramah Lingkungan Dukung Gaya Hidup Sehat

Jakarta-Pentingnya menjaga alam dari kerusakan lingkungan dewasa ini semakin menjadi perhatian masyarakat, terutama konsumen pemakai kemasan produk makanan dan minuman yg memiliki kesadaran tinggi terhadap pelestarian lingkungan.

Tren digitalisasi dan strategi big data pada publikasi dunia digital juga merubah perilaku belanja konsumen, akan dari pembelian produk yg semakin gampang didapatkan di manapun dan kapanpun. Konsumen juga memiliki kesadaran tinggi terhadap lingkungan dan akan menyukai produk yg memiliki nilai tambah untuk lingkungan.

Menanggapi fenomena tersebut, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian launching peta jalan (roadmap) ‘Making Indonesia 4.0’ buat memetakan kebutuhan tren industri 4.0 dan digitalisasi di Indonesia, seperti: kecerdasan buatan (AI), internet of things (IoT), wearable technologies, dan robotika canggih. Roadmap diharapkan bisa mendorong para pelaku industri selalu berinovasi di level operasional maupun produk yg ditawarkannya.

Berangkat dari pemahaman itu, perusahaan pemrosesan dan pengemasan makanan serta minuman terdepan di dunia, Tetra Pak Indonesia, tergerak buat menciptakan sebuah forum diskusi dan kerja sama antar pemangku kepentingan. Hal ini penting, salah satunya buat menciptakan kemasan makanan dan minuman yg ramah lingkungan. Sebab, hal ini berkaitan dengan pelestarian lingkungan dalam upaya mendukung gaya hidup sehat.

“Industri 4.0 yg tengah populer dan dianggap sebagai ‘lompatan berikutnya dalam sejarah industri’ sangat terikat dengan semangat kita buat mendorong bisnis pelaku industri makanan minuman Indonesia di masa depan. Kami sudah menyediakan solusi pemanfaatan teknologi digital seperti Artifcial Intelligence dalam dunia yg terkoneksi satu sama lain. Kami berkomitmen bagi mengembangkan bisnis yg lebih berkelanjutan. Dengan demikian pelaku industri makanan minuman bisa merasakan peningkatan produktivitas, efisiensi bisnis, dan tentunya praktik bisnis yg mengedepankan tanggung jawab lingkungan,” kata Paolo Maggi, Managing Director of Tetra Pak Indonesia dalam informasi tertulis, Kamis (29/11/2018).

Sementara itu menurut Adhi S. Lukman, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI), selaku perwakilan asosiasi industri makanan minuman mengatakan pelaku industri harus memperhatikan faktor lingkungan dalam membuat inovasi.

“Penting buat para pelaku industri makanan minuman bagi selalu melakukan inovasi produk, mengutiliasi strategi bisnis secara digital, serta mempertimbangkan dampak lingkungan yg mungkin tercipta akibat proses bisnis,” ujar Adhi. [adc]
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin