Kenali Jenis Dan Tanda Sariawan

Jakarta – Ada beberapa tanda yg sangat khas dari sariawan. Seperti apa?

Menurut Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD, Departemen ilmu penyakit mulut Indonesia, ada tanda yg sangat khas dari sariawan. Salah satunya adalah kelihatan gambar cekungan, bukan bintil – bintil.

“Spesifiknya adalah bentuknya oval atau bulat. Pinggirnya merah, karena adanya peradangan. Dasar lukanya adalah putih kekuningan, dan spesifik adalah mengalami sakit. Kalau tak sakit, mungkin bukan sariawan,” papar Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD, Departemen ilmu penyakit mulut Indonesia, Jakarta, Jumat, (09/03/2018).

Pada dasarnya, terdapat tiga macam sariawan, tipe minor, mayor, dan Herpetiform seperti herpes. Tipe Minor atau kecil ukurannya kurang dari 10 mm dan sembuh dalam 2 minggu. Tidak ada jaringan parut, terdapat di pipi, bibir, dasar mulut, tak berkeratin.

“Untuk macam mayor atau sariawan yg besar. Lebih dari 10 mm, jarang berulang dan sembuh 3-4 minggu. mampu dengan jaringan parut, muncul di seluruh area mulut,” tambahnya.

Untuk yg macam herpetiform, lebih dari 2 cm. Bentuknya titik – titik dan akhirnya dapat bersatu.

“Yang paling harus diperhatikan adalah, kalau disertai demam ini berarti herpes, kalau tak demam berarti sariawan,” ujarnya. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin