Kenali Kanker Jaringan Lemak Dan Gejala-gejalanya

KANKER pada jaringan lemak, atau yg disebut dengan liposarkoma terkadang sulit bagi dikenali pada tahap awal. Paling tidak jarang mengenai organ tubuh yg banyak mengandung lemak, seperti perut atau lengan atas.

Jenis kanker ini tidak jarang menyerang usia dewasa, umumnya antara 40-60 tahun. Namun pada beberapa kasus, dapat terjadi pada lokasi yg jarang, seperti pada perkara yg dimuat oleh International Journal of Surgery Case Reports tahun 2018, dilaporkan oleh dr. Soekimin Ngadimin, Sp.PA (K) dan rekan-rekan dari Departemen Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Liposarkoma dijumpai pada bagian media stinum, merupakan perbatasan dari paru-paru dengan rongga perut.

Kebanyakan penderita baru menyadari adanya tumor ini setelah ukurannya cukup besar atau setelah mengalami trauma hingga menimbulkan gejala yg menganggu. Hingga ketika ini, penyebab liposarkoma belum bisa dipastikan, dugaan para ilmuwan, liposarkoma berasal dari mutasi genetik.

Pada kecurigaan suatu liposarkoma, pemeriksaan yg perlu dikerjakan di antaranya X Ray, CT Scan, MRI hingga biopsy aspirasi atau biopsy eksisi.

Beberapa gejala yg patut diwaspadai sebagai gejala liposarkoma, merupakan ada benjolan yg teraba lunak dan semakin membesar, bisa disertai dengan bengkak dan nyeri. Jika terdapat pada rongga perut mampu mengakibatkan sembelit serta buang air besar berdarah.

Penatalaksanaan liposarkoma tergantung pada stadiumnya, namun selama masih mampu dikerjakan operasi, maka kemungkinan buat sembuh masih besar. Pengobtan lainnya mampu dengan radio terapi atauk emoterapi.

Beberapa pencegahan yg utama antara yang lain pola makan sehat dan seimbang, dengan konsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah, mengurangi konsumsi makanan berlemak, olahraga teratur serta mengindari stress.

* dr. Reza A Digambiro, M.Kes, M.Ked(PA), Sp.PA, Staf Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin