Kesehatan Ibu Dan Anak Jadi Prioritas 2019

Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila F Moeloek, menekankan bahwa Kesehatan Ibu dan anak menjadi hal yg sangat utama diperhatikan oleh Kementerian Kesehatan pada 2019.

Hal tersebut terkait dengan angka kematian Ibu dan anak di Indonesia masih terbilang tinggi.

“Para Ibu yg hamil harus melahirkan dengan tenaga kesehatan mampu dengan dokter dan bidan. Angka kematian Ibu sangat tinggi,” papar Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Jakarta, Kamis, (10/01/2019).

Tidak cuma itu, persoalan stunting pada anak juga menjadi salah satu hal yg penting. Meski pada hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, memamerkan penurunan balita stunting di Indonesia.

“Sekarang terdapat penurunan balita stunting pada 2018 hasil riskesdas memamerkan 30,8 persen sebelumnya pada 2013 37,2 persen,” tambah Menkes.

Kunci kesehatan dan kecukupan gizi pada anak ada pada seribu hari kehidupan anak sejak berada di dalam kandungan hingga usia dua tahun.

“Akibat stunting ini, kami mulai mendapatkan kerugian sangat berkolerasi dengan penyakit tak menular, seperti penyakit jantung karena banyak orang yg mengalami obesitas,” ujarnya.

Menkes menginginkan anak – anak Indonesia menjadi anak yg cerdas. Meski ketika ini, masih dijumpai tiga di antara 10 anak Indoonesia menderita stunting.

“Padahal, Badan Kesehatan Dunia (WHO), cuma memperkenankan, dua anak dari 10 yg menderita stunting. Kalau dapat kalian di bawah itu. Tidak ada lagi anak Indonesia yg kekurangan gizi,” tegasnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin