Ketahui Gangguan Ginjal Pada Anak Sejak Dini

Jakarta – Ginjal adalah salah satu organ utama dalam tubuh manusia, selain jantung, otak dan hati.

Fungsi ginjal sangat vital merupakan meliputi detoksifikasi darah, menolong tubuh bagi menyaring limbah dan membuangnya melalui urin, menjaga keseimbangan garam dan mineral dalam darah, serta mengatur tekanan darah dan memproduksi sel darah merah.

Menurut dr. Eka Laksmi Hidayti, Sp.A(K), Dokter spesialis anak RSCM, menjelaskan ginjal dalam tubuh manusia bisa mengalami gangguan yg menyebabkannya tak berjalan dengan normal. Gangguan ginjal sangat berbahaya karena berkaitan erat dengan kinerja organ-organ vital lainnya.

“Umumnya gangguan ginjal diketahui menyerang orang dewasa, namun kini gangguan ginjal juga ditemukan pada anak-anak,” kata Eka ketika ditemui di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa, (13/11/2018).


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Berdasarkan kronologis atau waktu terjadinya, gangguan ginjal pada anak terbagi menjadi dua, merupakan bawaan sejak lahir dan didapat setelah lahir.

“Gangguan ginjal bawaan sejak lahir umumnya ditandai dengan adanya kelainan bentuk ginjal dan saluran kemih,” tambahnya.

Sedangkan gangguan ginjal yg didapat setelah lahir biasanya ditandai dengan infeksi saluran kemih dan radang ginjal akibat berbagai proses yg bukan infeksi.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin